Minggu, 07 April 2013

Komunikasi serta uniknya berkomunikasi

Komunikasi adalah proses terjadinya interaksi penyampaian pesan,ide(gagasan) yang dapat terjadi pada individu, organisasi, dan masyarakat. Komunikasi yang baik adalah komunikasi antara kedua belah pihak dimana kedua belah pihak saling mengerti maksud dan tujuan penyampaian pesan dengan bahasa yang baik dan benar. Komunikasi pada umumnya menggunakan bahasa lisan atau verbal dimana kedua belah pihak saling mengerti satu dengan lainnya. Komunikasi menjadi sebuah kebutuhan pokok antar umat manusia dimana manusia sebagai mahluk sosial, saling membutuhkan komunikasi disetiap detiknya untuk saling berbagi informasi, pada era teknologi serta seiring berjalannya waktu cara berkomunikasi berkembang menjadi beragam macam cara komunikasinya, berikut macam macam cara berkomunikasi :
1.                            Komunikasi menggunakan bahasa tubuh, berkomunikasi menggunakan bahasa tubuh sedikit sukar untuk dipahami maksud dan tujuannya karena komunikasi menggunakan cara ini dibutuhkan rasa peka serta mengerti akan bahasa tubuh. Bahasa tubuh yang sering digunakan pada umumnya adalah menggelengkan kepala, tersenyum, terdiam, menggerakan tangan, mengedipkan mata.
2.      Komunikasi menggunakan Teknologi informatika, komunikasi ini pada umumnya digunakan pada abad-21 yang didukung dengan teknologi era modernisasi, komunikasi menggunakan telepon genggam (handphone), komunikasi menggunakan sistem komputerisasi dan jaringan internet global, pengiriman pesan melalui jejaring sosial, e-mail, komunikasi melalui hubungan vidio (video call), dll.
3.                               Komunikasi menggunakan pesan khusus, komunikasi menggunakan cara ini adalah cara yang sangat menarik dimana siapa pun tidak ada yang tahu isi pesan kecuali si “pengirim pesan” dan si “penerima pesan”. Pada jaman sekarang umumnya pesan khusus biasanya dilakukan menggunakan surat menyurat, khusus untuk pakar teknologi biasanya menggunakan kode – kode dan symbol khusus yang biasanya digunakan oleh para pakar teknologi (cryptography). Sangat menarik adalah pesan khusus pada masa kerajaan dan kesultanan dimana pesan khusus yang digunakan dibuat dilapisan kulit dalam binatang ternak atau dibagian bulu binatang ternak yang tidak seorang pun akan mengetahui bahwa tersirat pesan didalam se-ekor binatang ternak, sangat amat menarik pada jaman perbudakan di Yunani, para raja mengirimkan pesan melalui tubuh manusia sebagai objek, biasanya pesan diukir punggung para budak dan bahkan para budak dicukur habis seluruh rambutnya dan ukiran pesan dibuat dikulit kepala para budak ditunggu sampai rambut budak tersebut tumbuh layaknya budak lain, setelah terlihat seperti budak pada umumnya di masa itu, tetapi sesungguhnya budak berisikan pesan adalah hidup mati sang Raja,budak berisikan pesan dikirim kepada Raja-raja lain untuk negosiasi wilayah, peperangan, perjanjian, bahkan transaksi budak ditukar dengan senjata atau bahan makanan sesuai kesepakatan.

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar